Fungsi dan cara kerja komponen injeksi Bahan bakar bensin elektronik
Sistem
EFI itu terdiri dari tiga system utama,yaitu system bahan bakar,system
induksi udara,dan system control elektronik. Untuk sepeda motornya bisa
dilihat di Sepeda Motor Injeksi Honda
a. Sistem Bahan bakar
Sitem Bahan Bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar.
Komponen system bahan bakar terdiri atas
1) Pompa Bahan bakar
Pompa
bahan bakar berfungsi utuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke
injector.Pompa bahan bakar yang digunakan adalah pompa bahan bakar
listrik
2) Fuel pulsation damper
Fuel pulsation damper berfungsi
sebagai penyerap perubahan tekanan pada saluran tekanan karena adanya
injeksi.Tekanan bahan bakar dalam intake manifold dipertahankan oleh
pressure regulator
3) Pressure Regulator
Pressure
regulator berfungsi mengatur tekanan bahan bakar ke
injector-injektor.Jumlah bahan bakar yang di injeksikan diatur oleh
sinyal yang di berikan ke injector sehingga tekanan harus tetap pada
tiap-tiap injketor.Untuk mendapatkan jumlah penyemprotan yang
tepat,tekanan bahan bakar harus dipertahankan lebih kurang 2,55 kg/cm2.
4) Injektor
Injektor
adalah sebuah nozzle elektromagnetik yang kerjanya dikontrol leh
computer.Injektor dilengkapi dengan heat insulator pada saluran masuk
atau pada kepala slinder yang dekat dengan lubang pemasukan
5) Cold start injektor
Cold
start Injektor digunakan untuk mensuplai bahan-bahan pada saat suhu
motor masih rendah.Injektor ini dipsang di baian tengah ruangan udara
masuk.Injektor bekerja hanya pada saat start bila temperature air
pendingin di bawah 220 Celsius.
b. Sistem induksi udara berfungsi untuk menyediakan sejumlah udara yang diperlukan untuk pembakaran terdiri atas:
1) Throttle body
Throttle
body terdiri atas katup therottle untuk mengontroludara masuk,sebuah
system by pass udara yang mengatur aliran udara pada putaran idle dan
sebuah throttle position sensor untuk menyensor kondisi terbukanya katup
therottle.
2) Katup udara
Katup udara di gunakan untuk fast idle
yang bekerjanya oleh bimetal dan heat coil motor dalam keadaan
dingin.Katup udara di pasangkan pada permukaan samping kanan
slinder.Jika putaran fast idle selama pemanasan tidak stabil atau rendah
maka hali ini antara lain disebabkan oleh kesalahan pembukaan katup
udara.
3) Air flow meter
Air flow meter mendeteksi jumlah udara
yang masuk dan mengirimkan sinyal ke computer yang menentukan dasar
jumlah injeksi.Air flow meter terdiri atas plat pengukur,pegas kembali
,baut penyekat campuran idle,sensor udaa masuk dan switch pompa bahan
bakar.
4) system Kontrol Elektronik (ECU)
Sistem Kontrol
elektronik mempunyai bermacam-macam sensor yang terdiri atas air flow
meter,Sensor air pendingin,sensor psisi katup gas,sensor udara
masuk,sensor gas tekan,dan sensor tekanan mesin.Perangkat ini akan
menentukan lama kerja injector.Kelengkapan yang lain adalah main relay
yang menyediakan sumber arus listrik ke computer.Circuit opening relay
yang mengontrol kerja pompa bahan bakar dan sebuah resistor yang
menstabilkan kerja injector.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar