Honda civic Genio dan Estilo Dalam kondisi normal, setelah kunci di kontak ON harusnya Check Engine Light (CEL) akan mati setelah 2 detik, atau setelah relay pompa bensin selesai menyiapkan tekanan bahan bakar untuk diinjeksikan.
“Bagaimana kalau CEL (Check Engine Light) nyala terus … ?”



:(
1.Kalau CEL nyala terus, langkah pertama adalah melakukan reset ECU.


Langkah ini dilakukan untuk memastikan apakah memang gangguan tersebut permanen, atau ada kesalahan baca oleh ECU
Cara reset ECU adalah dengan melepas back up fuse, yang letaknya di kotak sekring di tempat mesin, 2 sekring dari kiri
Reset ECU di Fuse Box
2.Apabila setelah direset CEL bisa mati dalam 2 detik, berarti gangguannya tidak permanen, atau hanya kesalahan baca oleh ECU. Selanjutnya lakukan tes beban mesin, kalau memang diperlukan, lakukan Setting EACV.
3.Apabila lampu CEL tetap hidup, berarti gangguannya adalah permanen atau berada di Sensor
Lakukan Self Diagnostic CEL .. !! yang merupakan fitur keren di EG … (*Cieeeee…. :-p)
How To “Self Diagnostic CEL” … ?
1.Posisikan kunci pada posisi OFF (atau kunci bisa dilepas)
2.Cari soket data (letaknya di balik dashboard sebelah kiri penumpang depan) bisa dicari dengan merogoh dari bawah / tempat kaki … standar nya terbungkus karet hijau seperti gambar diatas
3.Ada 2 jenis soket disana
-Lubang (pin) ada 2
-Lubang (pin) ada 3
4.Ambil soket dengan 2 lubang dan hubungkan antara 1 lubang dengan lubang satunya dengan
5.Posisikan kunci pada posisi ON (sampai lampu indicator di panel menyala)
6.Nahhhh … liat deh berapa kali kedipan CEL
Kedipan menandakan sensor yang bermasalah, dan kedipannya akan berulang-ulang
Setelah ketahuan berapa kali dia kedip … kita lihat di daftar indikasi :
kalau kedip sebanyak:
0x ECU
1x Sensor Oksigen
3x / 5x MAP Sensor
4x Crank Sensor
6x Coolant / Sensor Temperatur
7x Thortlle Angle Sensor
8x TDC Sensor
9x Silinder Sensor
10x Sensor temperatur udara masuk
12x EGR sistem
13x PA Sensor
14x EACV
15x Ignition Output Signal
16x Fuel Injector
17x Vehicle Speed Sensor
19x A/T Look Up Control
20x Electric Load Detector
21x Spool Selenoid Valve
22x Valve timing Oil pressure switch
41x Oxygen sensor Heater
43x Fuel Supply System
48x LAF Sensor
tinggal kita check, apakah sensornya atau cuma wiring (kabelnya) aja yang putus …
*pengalaman penulis…
- CEL hidup dan nyala bareng dengan indikator Oli
setelah panel dibuka ternyata di jumper, dan setelah wiring diperbaiki, ternyata CEL nyala 6 kali (temperatur sensor)
- Ada 4 temperatur sensor di EG
dan ternyata sensor yang dibawah distributor (letaknya ngumpet banget) kabelnya dah getas dan gak ketawan putus … alhamdulillah dah beres ..
Sensor Temperatur Oli
dan sebelahnya, satu kabel adalah sensor temperatur untuk Gauge (indikator suhu di panel)
OK then, Gut lak …!! Semoga bisa bermanfaat bagi EGCIers
*Based on Manual book USDM EG
*klo da yang salah, CMIIW Ya …

2 komentar:

  1. Om.mau tanya nih mobil saya genio tahun 95 kok tiba2 pas tak stater kok brebet ya om pas bisa nyala kok lmpu injektor nyala ..kira2 ap.na ya om

    BalasHapus
  2. Om mau tanya ni mobil saya genio 95 kontak on check engine mati yg lain hidup lampunya,distarter mobil hidup,kira kira apa penyebab nya om

    BalasHapus